Hobi Mancing Ikan
CURRENT MOON

Thursday, November 6, 2008

JENIS-JENIS BARONANG YG SERING TERPANCING

Baronang (Rabbit Fish) tergolong ikan herbivora, meski demikian ia tdk menolak bila disodorkan udang rebon, nasi, kue pisang dll. Ikan baronang biasanya bergerombol di dkt bebatuan, karang atau di tiang2 dermaga/ bagan, sambil menggerogoti lumut atau teritip.

Anatomi tubuhnya pipih berwarna kecoklatan atau kuning dan di sirip punggung dan sirip bawahnya terdapat bisa yang dpt menyebabkan rasa nyeri, tetapi rasa nyeri itu akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 -2 jam. Biasanya ada juga pemancing yang memberi minyak tawon atau balsem utk mengurangi rasa sakitnya.

Berikut ini saya lampirkan beberapa jenis baronang yang sering terpancing di kawasan Kepulauan Seribu, Pelabuhan Ratu dan Merak:

1. Baronang Tompel / Siganus guttatus
Tubuhnya pipih dan agak lebar, bertotol-totol dengan satu tompel yang agak besar berwarna kuning di punggung belakang. Perlawanannya nya cukup kuat sehingga banyak pemancing yg menyukainya. Umpan kegemarannya lumut, pisang, nasi atau pelet yg sdh dilumatkan. Panjang maksimumnya 35 cm

2. Baronang Kalung / Siganus doliatus
Disebut juga Kea-Kea karena di lehernya memang terdapat garis hitam yang menyilang sehingga tampak bagaikan mengenakan kalung. Dan di tubuhnya juga terdapat rona warna kuning dan putih, panjangnya maksimum 30 cm dan menyukai lumut.

3. Baronang Angin / Siganus javus
Tubuhnya menyerupai baronang tompel tetapi agak lebih panjang dan bermotif bintik2 di punggung atas dan garis terputus-putus di bagian bawah. Ikan ini bisa mencapai panjang 45 cm dan menyukai umpan lumut serta senang bermain di pertengahan dan di permukaan laut.

4. Baronang Batik / Siganus vermiculatus
Bentuknya mirip dengan baronang tompel, tetapi motifnya badannya seperti batik dan dapat mencapai panjang 45 cm. Umpan yang disukai lumut, pisang, nasi atau pelet lumat.

5. Baronang Lada / Siganus chrysospilos
Tubuhnya dipenuhi bintik-bintik sebesar lada. Panjangnya bisa mencapai 40 cm dan menyukai umpan lumut. Ikan ini banyak terdapat di sekitar Merak/Bakauheuni.

6. Baronang Susu / Siganus fuscescens
Tubuhnya agak panjang tetapi tidak lebar seperti baronang tompel atau lada. Motifnya agak polos dengan bintik-bintik yang samar dan tidak sebanyak baronang lada. Dinamakan baronang susu karena kalau dipencet badannya akan keluar seperti cairan susu di perut bagian bawah nya. Umpan yang disukai adalah lumut, nasi dan pisang. Ikan ini paling
banyak sering dijumpai di Kepulaun Seribu dan pantai2 di Jakarta.

Demikian artikel kali ini yang dapat saya kirimkan kepada Baronang Mania. Semoga dilain kesempatan mancing baronang sudah dapat untuk mengidentifikasikannya.

Terima kasih.

KeaKea - fishyforum
(Sumber dari Kwok Tjie Jan)

No comments: