Hobi Mancing Ikan
CURRENT MOON

Friday, November 14, 2008

Rebuild Joran, by : Lodewijk - Fishyforum


1. gimana cara melepas ring guide dari joran? apakah dipanaskan ato bagaimana? serta bagaimana cara membersihkan bekas nya di joran?

- Saya biasanya mulai dari kaki ring guide. Dengan memakai cutter atau pisau kecil yg tajam, sayat bagian lilitan benang diatas kaki ring guide. Dengan cara ini, kalau sayatan kita terlalu dalam tidak akan melukai atau membahayakan body joran, karena pisau akan terbentur dengan logam dari kaki guide. Setelah kaki guide bebas dari lilitan benang (thread) kita bisa melepas guide-nya dan sisa benang lainnya juga bisa diurai dengan mudah (pakai tangan). Sewaktu menyayat benang/thread pada kaki ring guide, bisa juga tempat yg akan kita sayat dipanaskan dengan hair dryer, seperti pd gambar. (lihat gbr attachment no 01)

- Untuk membersihkan sisa2 lem bisa pakai cutter/pisau untuk tonjolan yg besar2 dan diratakan dengan kertas gosok mulai dr yg kasar s/d yg halus.

2. gimana juga cara melepas eva grip, reel seat n butt dari joran?

- Cara melepas EVA ini yg agak susah, kalau mau dipakai lagi. Kalau hanya melepas (dirusak) lalu dibuang sih gampang saja. Hal ini tergantung dari kuat atau tidaknya (merata atau tidak) lem epoxy-nya. Kalau lem-nya kurang kuat bisa ditusuk2 pakai barang yg tipis & panjang lalu EVA di putar2 sampai lepas. Tapi cara ini sulit kalau pd EVA lem-nya merata dan kuat.

- Untuk EVA yg lem-nya merata/kuat, saya potong pakai cutter pelan2 sepanjang EVA-nya. Hati2 dalam melakukan hal ini, jangan terlalu kuat menekan cutter karena dapat melukai joran kalau terlalu dalam.
Lalu kalau sudah terbuka, bagian yg masih melekat dapat di 'kuliti' pelan2 pakai cutter (seperti 'menguliti' binatang buruan).
Dengan cara ini EVA bisa di daur ulang, meski ada bekas sambungan memanjang, lihat pd gbr attachment no 02. Pada gambar ini masih tampak bekas sambungannya.

- Demikian juga untuk reel seat, untuk membuka kita lepas dahulu bagian ring yg dapat diputar (yg bisa maju-mundur). Lalu kita sayat pakai cutter/pisau kecil pada garis memanjang reel seat, sehingga reel seat akan terbelah. Setelah terbelah bisa diputar2 untuk melepaskan ikatan lem-nya. (lihat gbr attachment no 03)
Reel seat dapat di daur ulang dengan menge-lem bagian yg terbelah ini (pakai SuperGlue) dan pd saat memasang berikan epoxy yg sedikit lebih banyak (extra) agar lebih kuat. Reel seat daur ulang ini sudah saya pakai jigging di Miri dan tidak ada masalah, meskipun saya juga tidak berani garansi kekuatannya....

- Untuk butt/gimbal, kalau dari karet/rubber gimbal, tidak ada cara lain, selain merusaknya untuk membukanya. Kalau dari aluminium, bisa kita panasi dahulu dengan 'mini torch' atau korek api gas yg besar. Setelah lem epoxy agak 'melunak' karena panas, bisa kita putar2 dan ditarik untuk melepas gimbal-nya.



Kemudian untuk build nya kembali :

3. Gimana cara memasang kembali eva grip, reel seat n butt? apakah juga menggunakan lem epoxy yg sama utk wrapping??

- Cara memasang EVA kita biasanya pakai lem epoxy yg sama dengan untuk melapisi benang (thread) atau untuk coating joran. Masalahnya terkadang diameter dalam (Inner Diameter/ID) EVA jauh lebih besar atau lebih kecil dari diameter joran (butt).

- Kalau ID EVA lebih besar dari OD (Outer Diameter) joran, bisa kita pakai isolasi kertas pada joran untuk memperbesar diameter-nya.

- Lalu kalau ID EVA lebih kecil dari joran, ini yg agak ribet. Saya diajarkan oleh rod builder di Singapore untuk merendam EVA-nya terlebih dahulu dengan thinner selama 4 s/d 6menit (note: thinner harus mutu yg paling bagus). Lalu EVA akan menjadi lebih 'soft' dan menjadi mudah untuk dimasukkan ke dalam butt (butt sudah dilumuri dengan epoxy sebelumnya). Kelebihan epoxy yg meleleh keluar dapat dibersihkan dengan thinner yg sama juga.

- Reel seat dapat dipasang dengan mengukur ID dari reel seat dan OD dari joran (butt). Selisihnya kita 'tambal' dengan isolasi kertas. Biasanya saya pakai isolasi kertas lebar sekitar 2cm dan pakai 3-4 buah lilitan untuk 'bantalan reel seat.

- Pemasangan butt/gimbal juga seperti reel seat, pakai isolasi kertas (masking tape) untuk mengganjal kekurangan diameter pangkal joran. Lalu diberi epoxy dan gimbal/butt dapat dipasang.