Hobi Mancing Ikan
CURRENT MOON

Wednesday, November 5, 2008

Teknik Mancing Baronang (2), KeaKea - fishyforum


Salam Baronang Mania.

Terima kasih atas atensi yg diberikan kpd kami selama ini pd BARONANG MANIA CENTRE. Kami berharap pd artikel kali ini yg akan mengulas masalah "Pelampung" dpt memberikan sumbangan kpd seluruh Baronang Mania di manapun berada.

Pertama yg hrs dipahami adalah cara khas baronang memakan umpan nya. Tidak seperti ikan2 lain yg melahap atau menyambar umpannya, baronang makan dgn cara menggerogoti sambil juga menekan umpannya yaitu lumut. Jadi seperti cara makannya seekor kelinci. Sehingga peranan sebuah pelampung disini sangat penting.

Itulah sebabnya kenapa Baronang Mania selalu menggunakan pelampung dlm setiap aksinya. Pelampung yg digunakan dpt dibedakan menjadi 2 type. Yaitu "Pelampung Gantung" dan "Pelampung Celep". Adapun bentuknya ada berbagai macam dan warnanya cukup meriah. Ada yang berbentuk oval telur, bundar bola, kerucut gasing dan masih banyak lainnya. Bahan pembuatannya ada yg dari karet, kayu atau sejenis gabus. Dan biasanya harga ditentukan dr kualitas bahan dan juga corak pewarnaannya, harga mulai dr yg cuma Rp 2.000 sampai dgn Rp 20.000 per bijinya. Selanjutnya saya akan menjelaskan satu persatu apa dan bagaimana pelampung2 tersebut.

1. Pelampung Gantung.

Pelampung gantung dipasang tergantung di atas permukaan air laut dan sama sekali tdk menyentuh air laut. Diameternya biasanya cuma 1 - 2 cm saja. Pelampung ini tergantung 10 -15 cm di atas permukaan, karena jika lebih rendah akan sering terhempas ombak sementara jika lebih tinggi akan sukar dipantau karena tiupan angin. Sehingga hal2 itu akan mengganggu konsentrasi pandangan pada getaran pelampung yang di timbulkan oleh dimakannya umpan oleh baronang. Selain menjadi detektor umpan dimakan baronang, posisi pelampung gantung juga dapat untuk menentukan seberapa dalam umpan ingin diturunkan di dalam air sesuai dengan kedalaman baronang yg sedang bermain. Baronang Mania yg mancingnya di batere dan dermaga biasanya lebih suka menggunakan pelampung gantung sebagai perlengkapannya.

2. Pelampung Celep.

Pelampung jenis ini dalam pemakaiannya dibiarkan terapung-apung di permukaan air. Cara kerjanya pelampung ini akan segera timbul tenggelam begitu umpan ditekan oleh mulut baronang yang sedang menggerogoti umpan lumut. Ukurannya lebih besar dari pelampung gantung dan berdiameter 2 - 3 cm. Biasanya berbentuk oval telur atau bundar bola. Pelampung ini selain sebagai detektor juga untuk menjaga agar umpan tdk kandas sampai ke dasar laut. Pelampung celup biasanya dipakai Baronang Mania yg gemar mancing ngoyor. Karena cara ini tidak akan membuat tangan cepat pegal dan lebih santai, tinggal menunggu pelampungnya tersedot ke dalam air.

Nah sekarang setelah tahu perbedaan bentuk dan pemakaian pelampung baronang, kini giliran bagaimana cara membaca getaran pelampung tsb. Untuk memberi gambaran bentuk getaran pelampung, coba bayangkan saja seekor kelinci yang sedang mengerat makanannya (ingat karena baronang juga disebut rabbit fish). Pelampung tsb akan bergetar sangat cepat namun halus, dengan arak gerakan vertikal. Atau cara lain, coba gantung pelampung setinggi 10 - 15 cm di atas lantai, lalu ketuk2 pangkal joran tegek dengan cepat namun jangan terlalu keras. Pelampung akan bergetar cepat sesuai dgn ritme ketukan. Persis seperti itulah yg terjadi bila umpan disantap baronang. Cobalah berkali-kali sampai anda yakin dan ingat akan getaran pelampung termasuk saat angin bertiup maupun ombak tinggi.

Sedangkan utk membedakan getar pelampung karena dimakan ikan atau karena ombak/angin, mudah saja. Angin dan ombak akan menggerakkan pelampung secara horisontal atau mirip berupa ayunan, bukan getaran halus yg bergerak vertikal secara bertubi-tubi.

Hal lain yg membuat peranan pelampung menjadi tdk berarti yaitu ketika umpan sedang melayang turun, rombongan baronang sudah langsung menyergapnya. Sehingga ketika kenur sudah dalam posisi lurus umpan sudah terlanjur gundul atau habis. Kalau kejadiannya begini, otomatis pelampung pasti tidak akan pernah kunjung bergetar. Solusinya adalah senantiasa memperhatikan gerakan kenur yang ada di bawah pelampung saat umpan di tenggelamkan. Umpan yang diserbu kawanan baronang pada saat sedang melayang turun umumnya akan menyebab kan kenur terlihat bergerak-gerak gesit dan tenggelam lebih cepat. Jika kejadiannya seperti itu langsung saja sentakkan joran tanpa menunggu kenur menjadi tegang atau pelampung bergetar.

Memang pada awal2 nya Baronang Mania akan mengalami kesulitan, tetapi kalau tidak dicoba bagaimana dapat menguasainya dan menikmati asyiknya mancing baronang. Untuk itulah disini Baronang Mania dituntut memiliki insting yang tajam dan respon yang cepat. OK selamat mencoba dan tunggu artikel berikutnya.

Terima kasih.


KeaKea a.k.a Bernard Dinata - fishyforum